• (024) 6723-456
  • info@stekom.ac.id

Dalam membuat rencana pemasaran tidak harus mengeluarkan banyak modal sebagai biaya operasionalnya. Yang kita butuhkan adalah waktu, tenaga, kreativitas dan inovasi. Ide pemasaran bukan hal yang mudah dan tidak bisa muncul begitu saja. Namun memerlukan proses berfikir out of the box. Oleh sebab itu sangat perlu meciptakan brand awareness agar strartup yang sudah terbangun bisa mendapat posisi terbaik di benak para pelanggan. Berikut strategi pemasaran yang bisa dilakukan agar bisa membentuk framework ke arah kesuksesan :

1. Tetapkan tujuan 

Kita harus bisa menetapkan tujuan pemasaran bisnis sebelum menuju pada tingkat kesuksesan. Ketika kita ingin menentukan target pasar di media sosial, yang harus dipersiapkan adalah bagaimana cara meningkatkan jumlah Followers? bagaimana membangun situs web yang efektif bagi kelangsungan hidup startup? Bagaimana cara kita mengubah followers menjadi pelanggan potensial? Apa saja tujuan yang akan kita capai dalam bisnis startup selama beberapa tahun kedepan?

Kita harus memiliki tujuan akhir dari sebuah bisnis, karena hal tersebut akan menjadi indikator dalam mengukur kesuksesan atau kegagalan bisnis startup. Kita juga harus selalu mengevaluasi apakah strategi pemasaran yang sudah di implementasikan bisa berdampak signifikan terhadap perkembangan bisnis startup? 

2. Tentukan segmen pasar yang jelas

Identifikasi segmentasi pasar merupakan langkah yang harus dilakukan oleh para pelaku bisnis startup. Sebesar apapun rencana pemasaran yang sudah kita susun, tidak akan berhasil jika kita tidak bisa menetapkan siapakah pelanggan potensial terbaik bagi produk kita?

Dengan penetapan target sasaran yang jelas, kita bisa menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan.

Pertama, perlunya mengidentifikasi segmentasi demografi seperti usia, jenis kelamin, lokasi. Setelah itu, analisis perilaku konsumen sebelum memutuskan untuk melakukan proses pembelian. Berikan pemahaman secara detail tentang merk kepada para pelanggan.

3. Lakukan Riset keyword agar mempermudah pencarian

Dalam menentukan strategi pemasaran digital, sangat penting jika kita melakukan riset keyword . Dengan menggunakan riset keyword, akan membantu pertumbuhan bisnis kita sehingga target konsumen akan semakin luas yang mengenal produk. Gunakan juga keyword dalam menciptakan strategi pemasaran startup serta promosikan dalam berbagai platform seperti situs web, blog, media sosial maupun media iklan lainnya.

4. Pentingnya Key Performance Indicator (KPI) & Metrik penilaian dalam pengembangan bisnis.

Agar bisa mengetahui apakah strategi pemasaran kita sudah menemui hasil atau belum yaitu dengan menentukan indikator kinerja utama dalam rangka membandingkan pertumbuhan ataupun penurunan di masa mendatang. Pastikan juga KPI bisa terukur. Kemudian dengan menggunakan metrik penilaian yang tepat bisa menentukan arah kesuksesan bisnis startup serta bisa mengevaluasi kembali sehingga bisnis bisa mencapai pertumbuhan yang maksimal.

5. Susun anggaran pemasaran bisnis

Sebelum melakukan strategi pemasaran, perlunya menentukan alokasi anggaran pemasaran yang keluar untuk menunjang operasional bisnis. Karena kita sedang berada pada level startup, maka penggunaan anggaran juga harus tertata dan dikelola dengan baik dan bijak serta membutuhkan laporan keuangan yang rapi. Lakukan efisiensi anggaran pada awal merintis bisnis startup agar tidak berdampak terhadap terganggunya arus keuangan. Setelah menetapkan berapa anggaran yang harus keluar, kemudian membaginya ke dalam tahapan langkah langkah yang strategis. 

6. Situs web mampu meningkatkan kredibilitas bisnis startup

Situs web sangat penting bagi setiap bisnis dengan menyesuaikan target pasar. Karena hal ini mampu menjadi alat dalam membangun bisnis startup agar menjadi perusahaan yang punya kredibilitas tinggi terhadap para pelanggan. Namun membuat halaman web saja tidak cukup. Juga membutuhkan seorang penulis dan editor agar terus mengupdate informasi serta menghasilkan konten yang segar. Hal ini bertujuan supaya meyakinkan para pelanggan jika perusahaan kita masih tetap berdiri kokoh dan masih beroperasi dengan segala informasi dari situs web.

7. Gunakan media sosial secara maksimal dalam pengembangan bisnis

Kekuatan media sosial menjadi sarana dalam menjangkau pelanggan serta bisa menampilkan informasi terbaik dari bisnis startup kita. Misal facebook, instagram dan twitter saat ini memainkan peran dan sebagai wadah dalam menyampaikan informasi secara luas serta menjangkau para audiensnya. Dengan konsisten dan aktif mempromosikan produk lewat media sosial akan mampu mempertahankan potential buyer dengan menyuguhkan konten-konten menarik yang relevan dengan target audiens yang dituju.

8. Bangun good relationship dengan influencer 

Dengan menggunakan jasa influencer marketing bisa menyakinkan para followersnya dalam menciptakan brand awareness serta mendorong bisnis startup semakin meningkatkan kredibilitas yang dapat terbangun dengan para pelanggannya. Pastikan kita mencari influencer yang tepat untuk menjalin kemitraan sehingga kita mampu mendapatkan ROI dari promosi lewat jasa influencer marketing.

9. Buat iklan dengan menggugah emosi calon pelanggan 

Emosi akan berdampak pada pertimbangan pengambilan keputusan dalam melakukan proses pembelian. Emosi seringkali bisa mengalahkan logika dalam periklanan. Dengan membangun emosi lewat periklanan, ketertarikan konsumen akan menjadi semakin lebih meningkat. Suguhkan berbagai macam konten emosional seperti kebahagiaan, ketakutan, kemarahan sesuai dengan konteks iklan produk yang ditawarkan. Ketika emosi sudah terbangun dengan calon konsumen, hal ini yang kemudian akan menjadi pertimbangan bagi mereka sehingga memutuskan terjadinya proses pembelian.

10. Jalin business networking 

Iklan yang bisa merekomendasikan kepada pelanggan dari mulut ke mulut (word of mouth) merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran yang sangat efektif. Karena ketika seorang konsumen sudah percaya dengan kualitas produk yang pernah mereka beli, mereka akan mereferensikan kepada calon pembeli lain (teman, keluarga, saudara dll). Seringlah berkomunikasi dengan pelanggan untuk meminta saran dan masukan demi terciptanya hubungan kerjasama yang terus berkelanjutan. Dengan meminta feedback kepada para pelanggan, kita akan semakin tahu apa saja yang mereka butuhkan saat ini. Dan jika mereka merasa puas, maka akan terjadi proses pembelian yang selanjutnya (Repeat order).

11. konsisten dalam mempertahankan Merk

Konsistensi dalam penyampaian informasi menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan. Meskipun saat ini, bisnis startup masih awal, tetapi setidaknya bisa mengalami perubahan sederhana secara terus menerus karena hal ini akan membangun sebuah kepercayaan pelanggan terhadap merk.

12. Ukur hasil pencapaian bisnis

Cara mengukur keberhasilan maupun kegagalan bisnis startup yaitu dengan mengukur hasil strategi pemasaran sebagai bahan evaluasi apakah ada pertumbuhan yang signifikan dari waktu ke waktu atau sebaliknya. Bagaimana interaksi yang selama ini sudah terbangun dengan pelanggan secara online? Apakah pesan yang diinformasikan lewat media sosial menghasilkan lebih banyak keterlibatan bagi para audiensi dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis? Identifikasi kinerja apakah mengalami peningkatan atau justru penurunan. Jika terjadi penurunan, maka harus melakukan evaluasi ke arah yang lebih baik dan ubah rencana pemasaran jika memang perlu. Sangat penting juga untuk mengukur dan memeriksa metrik secara berkala (seperti kunjungan ke situs web, total potential buyer,prospek kunjungan calon pembeli lewat media sosial, intensitas pengunjung baru, pengunjung lama yang kembali lagi dan lain sebagainya).

13. Bangun team yang solid

Dengan koordinasi dan kerjasama team yang saling support, maka bisnis akan berjalan dan bertumbuh secara efektif. Sebelum kita merekrut karyawan yang akan menjadi bagian dari bisnis kita, perlunya mengidentifikasi peran masing-maisng individu dalam mencapai tujuan bisnis. Gali juga skill dan kompetensi karyawan sehingga dapat dilakukan penempatan sumber daya manusia yang tepat sesuai keahliannya masing-masing. Terus lakukan penilaian secara berkala pada team.


Nah jika sudah tahu strategi membuat rencana pemasaran bisnis startup agar berjalan dengan sukses, harus segera direalisasikan!


 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved