• (024) 6723-456
  • info@stekom.ac.id

Teknologi berkembang semakin pesat, membuat para konsumen sebelum mengambil keputusan dalam melakukan pembelian sebuah product, mereka terlebih dahulu akan mencari sumber informasi yang terpercaya, informasi bisa diperoleh melalui iklan “brand” maupun melihat review dari berbagai layanan internet, sosial media dan serta rekomendasi dari teman atau keluarga yang sebelumnya sudah melakukan transaksi pembelian atau biasa dikenal dengan“word of mouth”. Masa Pandemi COVID 19 yang masih belum berakhir ini, mengubah paradigma pola perilaku konsumen yang pada awalnya melakukan aktivitas perbelanjaan secara offline, namun sekarang lebih condong kepada perbelanjaan secara online. Hal inilah kemudian menjadi peluang bagus yang dimanfaatkan oleh para pebisnis.

Dalam menjalankan bisnis online nya, para pebisnis menggunakan strategi pemasaran digital yang tepat sasaran. Salah satu strategi pendekatan pemasaran online untuk menunjang peningkatan volume penjualan yaitu dengan menggunakan jasa Influencer Marketing dimana pemilik brand mempromosikan product yang akan ditawarkan kepada para customer nya melalui influencer atau seseorang yang mempunyai kemampuan dalam mempengaruhi orang lain (followersnya) sehingga mereka tertarik dengan produk yang dipromosikan. Target konsumennya bersumber dari media sosial seperti instagram, twitter, tiktok dan lain sebagainya.

Influencer Marketing merupakan orang-orang yang mempunyai pengaruh signifikan di media sosial dimana apa yang mereka katakan seringkali diikuti oleh banyak orang terutama yang menjadi followers mereka. Influencer marketing merupakan salah satu metode pemasaran yang dilakukan dengan cara mengambil ide dan gagasan dari dukungan selebriti dalam mengkampanyekan pemasaran berbasis konten modern. Influencer tal hanya selebritis, biasanya seorang influencer bisa juga berasal dari orang yang berprofesi sebagai blogger, youtuber, atau public figure yang berperan penting di kalangan tertentu dimana mereka sudah memiliki ribuan hingga jutaan followers di media sosial.

Perusahaan dalam memasarkan produknya biasanya bekerjasama dengan influencer sebagai sarana pemasaran digital dalam meningkatkan brand awareness dan kenaikan volume penjualan sesuai dengan target pasar. Keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan jasa influencer marketing sebagai berikut :

1. Memperluas pangsa pasar

Influencer berupaya memperluas pangsa pasar dengan mempromosikan produknya kepada para pengikut (followers nya). Selanjutnya para pengikut akan aktif melakukan sebuah interaksi seperti saling memberikan like maupun komentar pada konten sang influencer sehingga dampaknya produk akan lebih dikenal oleh banyak orang.

2. Menciptakan Word of Mouth

Influencer akan memberikan rekomendasi produk yang sebelumnya sudah pernah dipakai sendiri melalui akun pribadinya. Penyebaran informasi dan promosi yang dilakukan influencer melalui media sosial akan memberikan pesan mengenai produk bisnis sehingga produk tersebut bisa dikenal dan dapat tersebar ke seluruh pengikut (followers mereka) 

3. Membangun relationship dengan konsumen 

Bekerjasamalah dengan influencer yang sangat menyukai produk kita sehingga influencer cenderung menggunakan produk yang mereka minati terlebih dahulu sebelum merekomendasikannya kepada para pengikut mereka. Sementara bagi para followers, hal ini jelas sangat menarik, bisa memberikan kesan yang lebih nyata karena sudah terbukti hasilnya. Maka disini relationship konsumen dengan produk anda dapat terbangun dengan kuat.


Bentuk strategi yang biasa dilakukan oleh seorang influencer marketing : 

1. Membagi kode diskon 

Influencer membagikan kode unik sebagai diskon dalam pembelian produk. Ini merupakan salah satu bentuk strategi marketing lewat influencer. Kode unik ini tunjuannya untuk meningkatkan penjualan dengan iming2 diskon dari sisi konsumen. Sementara dari segi brand sendiri, mereka bisa mempelajari seberapa besar efek hasil dari tiap influencer yang mempromosikan produknya.

2. Membuat giveaway

Giveaway bentuknya bermacam-macam dan biasanya dijalankan dengan persyaratan yang cukup mudah karena dengan semakin mudah syaratnya , maka akan semakin banyak pula peserta yang akan ikut ke dalam kompetisi. Syaratnya hanya sekedar memberi tag kepada teman, meninggalkan komentar, follow, like , sharepost dan membuat konten. Sementara keuntungan yang bisa diperoleh brand yang melakukan kerjasama dengan influencer adalah followers dan engagement di media sosial brand mereka akan terus meningkat drastis, hal inilah yang kemudian akan menjadi kesempatan bagi konsumen untuk menggunakan jasa atau membeli produk.


Pentingnya strategi influencer marketing dalam menjalankan sebuah bisnis : 

1. Membangun visibilitas online produk

Influencer marketing tak hanya sebagai sarana pemasaran digital namun juga mampu mempengaruhi visibilitas online produk kalian. Artinya bahwa segala bentuk review, saran ,feedback dari influencer sering muncul di hasil pencarian setiap kali seseorang mencari brand kalian di google atau saluran media sosial.

2. Konten menjadi lebih banyak 

Salah satu komponen influencer marketing adalah menghasilkan konten yang up to date dan menarik dalam jumlah besar. Oleh karenanya, influencer marketing menjadi hal yang penting karena akan banyak konten-konten yang mengarah kepada lebih banyak visibilitas, kesadaran serta keterlibatan followers terhadap brand yang ditawarkan 

3. Mentions juga akan lebih banyak 

Karena influencer marketing memiliki basis pengikut terpercaya, sehingga pengikut akan berbicara tentang brand lebih banyak lagi melalui komentar, obrolan, pertanyaan, dan lain sebagainya.

4. Keterlibatan yang lebih baik 

Keterlibatan akan menjadi bagian besar dari pemasaran dan periklanan. Jika strategi pemasaran kalian mampu membuat audiens target sasaran ingin ikut terlibat dengan brand, itu artinya kalian akan berhasil mencapai nilai sasaran.

5. Meningkatkan jangkauan pelanggan 

Influencer marketing penting karena membantu bisnis dalam rangka menjangkau target konsumen tentang merk sehingga akan meningkat 3x hingga 10x lipat ketika seorang influencer berbicara terhadap suatu brand.


Influencer Marketing tak hanya membangun kepercayaan akan tetapi juga menjangkau para pelanggannya untuk mengubah persepsi kepercayaan mereka menjadi sebuah transaksi penjualan. Disaat penggunaan media sosial dan internet semakin berkembang dewasa ini, influencer marketing menjadi salah satu cara pemasaran terbaik. Namun sama seperti cara pemasaran lainnya, membutuhkan perencanaan yang matang agar proses kampanye pemasaran bisa sukses dan yang terakhir, jangan lupa mencatat setiap biaya yang dikeluarkan untuk mengimplementasikan strategi ini serta pastikan bahwa bisnis akan mendapatkan keuntungan dari apa yang sudah kita keluarkan. 

 




 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved