• (024) 6723-456
  • info@stekom.ac.id

Entrepreneur saat ini menjadi topic menarik yang hangat dibicarakan banyak orang terutama generasi milenial yang ingin sukses dalam membangun sebuah bisnis. Akan tetapi, keinginan tersebut tidaklah mudah untuk diwujudkan. Tak seperti membalikkan telapak tangan, merintis usaha dibutuhkan mindset yang kuat serta tangguh. Banyak dari pengusaha pemula yang pada akhirnya tumbang karena menyerah di pertengahan jalan. Padahal seyogyanya, jika mereka mempunyai bekal teknik membentuk mindset entrepreneur yang handal, kemungkinan mereka tidak akan semudah itu menyerah. Simak berikut Teknik membentuk mindset entrepreneur bagi pengusaha pemula agar sukses dalam mengendalikan usahanya :

1.      1.Memiliki tujuan yang Jelas & terukur 

Jika kita ingin menekuni usaha setidaknya harus mempunyai :

a. Tujuan yang jelas tentang bidang usaha yang akan dijalankan sesuai dengan passion atau peluang yang saat ini sedang dibutuhkan oleh calon konsumen.

b. Ukur apakah kita mampu menganalisis modal usaha sesuai dengan kemampuan, mempunyai skill dan pengetahuan terkait bidang usaha yang dituju, manajemen waktu yang terkontrol, serta mampu menganalisis persaingan yang ketat

2. Tegas dalam mengambil resiko & focus pada penyelesaian

Seorang entreprenur harus berani mengambil resiko dengan selalu mengkalkulasi keberhasilan dan kegagalan dalam rangka mencapai tujuan usahanya. Mereka mungkin saja akan melangkah jika kemungkinan gagal tidak terlalu besar. Oleh sebab itu, segala tindakannya akan diperhitungkan secara cermat dan teliti serta mempersiapkan solusi terkait adanya kendala maupun hambatan yang akan mengancam dan merugikan usahanya. Dengan ketegasan dan keberanian mengambil resiko yang sudah diperhitungkan sebelumnya, entrepreneur tak gentar dalam menghadapi situasi yang tidak menentu karena tidak adanya jaminan keberhasilan. Mereka akan melakukan tindakan berupa langkah-langkah strategis sebagai bentuk pemecahan masalah (Problem Solving). Karena tanpa adanya sebuah tindakan nyata, perencanaan sebaik apapun akan tetap menjadi sebuah rencana tanpa sebuah wujud realisasi. Oleh karenanya dibutuhkan eksekusi pada setiap langkah yang dijalankan sehingga rencana-rencana yang sudah disusun sedemikian rupa bisa menjadi sebuah kenyataan.

3.      3.Kejar peluang dengan disiplin yg ketat 

Entrepreneur akan memandang situasi sebagai peluang bisnis untuk dikejar bukan berupa masalah yang harus dihindari. Mereka berusaha keras agar mengubah masalah menjadi sebuah peluang. Dan ketika mereka sudah mendapatkan peluang tersebut, dengan rasa disiplin yang ketat, mereka tidak akan menyia-nyiakan waktu dan kesempatan yang ada. Jika orang pada umumnya memandang bahwa sampah merupakan sesuatu yang tidak berharga, namun berbeda dari sudut pandang entrepreneur, mereka dapat mengubah segala sesuatu yang awalnya tidak berharga sama sekali menjadi hal yang bernilai tinggi. Entrepreneur melihat sampah seperti melihat rupiah, mengapa? karena sampah tersebut jika mampu dikelola dengan baik maka bisa menjadi pupuk kompos, daur ulang dan lain sebagainya sehingga bisa disulap menjadi pundi-pundi rupiah.

4.      4.Mereka hanya akan mengejar peluang yang prospektif 

Peluang-peluang yang berpotensi prospektiflah yang akan berusaha dikejar oleh entrepreneur karena peluang tersebut akan menjamin berjalannya usaha dalam jangka waktu yang panjang dan mereka akan berupaya menghindari peluang yang melelahkan serta menguras waktu mereka, namun tak ada hasil yang didapatkannya. Mereka berusaha focus dalam mengejar peluang yang prospektif dan benar-benar bisa dijadikan sebagai sumber pemasukan.

5.      5.Mereka memiliki energi lebih serta melibatkan setiap orang yg berada dalam jangkauan mereka 

Entrepreneur memiliki kemampuan untuk memanfaatkan dan memaksimalkan segala sesuatu di sekitar mereka untuk mencapai tujuan dalam berwirausaha. Hubungan yang terjalin dengan orang-orang di sekeliling yang berada dalam jangkauan, akan selalu dipandang sebagai instrument dalam mengembangkan usaha mereka sehingga akan tercipta energi lebih dalam mengelola sebuah usaha.

Nah itulah Teknik membentuk mindset Entrepreneur bagi pengusaha pemula. Langkah tersebut merupakan tahap awal bagi pengusaha pemula sebelum merintis dan terjun langsung ke dalam bidang usaha yang ingin ditekuni. Dengan memiliki mindset entrepreneur yang terbangun kuat, sudah tidak ada lagi kata “menyerah” dalam menjalankan sebuah usaha apalagi jika ditemukan berbagai macam kendala dan hambatan dalam proses pelaksanaannya. Hal tersebut justru akan menjadi sebuah pembelajaran agar kedepan, usaha yang baru dirintis dapat berjalan dengan sukses.

 

 

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved