• (024) 6723-456
  • info@stekom.ac.id

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam memulai bisnis online sehingga mampu mendulang keuntungan meski kita baru menjalaninya sebagai pemula. Tak ada kata terlambat bagi kalian yang ingin memulai bisnis. Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis yang diminati, ada baiknya terlebih dahulu memahami serta menguasai strategi-strategi dalam berbisnis sebagai bekal agar kita tidak salah arah dalam menentukan tujuan bisnis.

Salah satu strategi yang saat ini sedang marak diminati oleh banyak orang adalah bisnis online. Selain strategi, rasa percaya diri, optimistis dan pantang menyerah juga menjadi kunci dasar bagi kalian yang ingin meraih kesuksesan dalam berbisnis secara online. 

Simak berikut tips bisnis online yang bisa kita jalankan agar bisa mendulang keuntungan:

1. Lakukan Riset konsumen 

Langkah pertama yang harus dipersiapkan adalah dengan melakukan riset konsumen terlebih dahulu untuk melihat potensi peluang usaha yang ada di sekitar kita. Hal ini wajib dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pasar hingga target pasar. Caranya kita bisa terjun langsung ke lapangan untuk mengecek produk/jasa yang saat ini sedang dibutuhkan atau diinginkan oleh calon konsumen. Setelah dilakukan pengecekan, tentukan target bisnis sesuai dengan segmentasi pasar yang ingin kita tuju.

2. Bandingkan harga pasar untuk mendapatkan harga terbaik

Langkah selanjutnya setelah melakukan riset pasar adalah menentukan segmentasi pasar dengan melakukan perbandingan harga produk di pasaran. Tujuannya agar bisa menjadi patokan harga sebelum produk tersebut direlease ke pasaran. Setelah itu, kita bisa merancang strategi inovasi agar produk memiliki ciri khas atau sesuatu yang menonjol serta menjadi pembeda dengan produk pesaing lain. 

3. Manfaatkan Penggunaan Media sosial & situs jual beli online sebagai media strategi pemasaran

Dengan menggunakan media sosial sebagai wadah jual beli produk online yang dipasarkan merupakan metode yang sangat tepat karena media sosial saat ini dekat dengan masyarakat serta dapat menjangkau lebih banyak konsumen di berbagai wilayah. Selain media sosial, kita juga dapat menggunakan situs jual beli online agar produk kita lebih familiar serta dikenal banyak orang. Kita dapat membuat situs website sendiri agar bisnis semakin maju dan berkembang

4. Share kontak untuk menjalin hubungan kerjasama yang berkelanjutan 

Setelah mempromosikan produk lewat media sosial, situs jual beli online maupun website, jangan lupa juga mencantumkan kontak bisnis kita dan pastikan bahwa kontak yang kita gunakan selalu aktif. Dengan mencantumkan nomor telepon maupun email bisnis kita, konsumen akan mudah melakukan interaksi secara langsung dengan kita. Tak lupa juga dijelaskan bagaimana cara melakukan pemesanan, pembayaran produk yang akan dibeli hingga produk didistribusikan ke tangan pembeli.

5. Lakukan Pemasaran produk secara konsisten 

Kini kita telah siap untuk mempromosikan produk. Unggah foto semenarik mungkin agar menarik minat para “potential buyer” kalian. Berikan deskripsi yang jelas mengenai detail produk yang hendak dijual. Hindari membuat keterangan yang berbeda/palsu dengan produk yang sebenarnya karena hal ini akan membuat kekecewaan dan merugikan konsumen serta akan merusak citra dari bisnis online kalian sehingga akan berdampak pada keberlanjutan bisnis yang sudah dibangun. 

6. Atur promosi yang menarik 

Agar konsumen merasa antusias membeli produk kita, tawarkan strategi promosi yang menarik, misalnya kita bisa memberikan promo yang berlaku dalam batas waktu tertentu. Selain itu berikan give away untuk menarik antusiasme konsumen terhadap produk yang kita jual.

7. Jalin Business Networking  

Manfaatkan relasi seperti teman dekat dan kerabat untuk ikut membantu mempromosikan produk bisnis yang sedang kita jalankan. Dengan strategi pemasaran yang semakin luas, akan membuat bisnis kita semakin banyak dikenal, berkembang dan menghasilkan keuntungan.


Nah, sudah tahu kan tips dalam memulai bisnis online tanpa modal? 

Segera realisasikan mimpimu menjadi pebisnis hebat dari sekarang!


 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved